Perbedaan teknologi konvensional dan abad 21

Pertemuan : ketiga (3) Tema : Perbedaan teknologi konvensional dan abad 21

Pengertian teknologi konvensional Kata konvensional ini pula merupakan suatu hal yang berkaitan dengan cara-cara lama, sehingga sering diasosiasikan dengan pengertian kolot. Berbagai macam teknologi konvensional sering kita lihat pada tataran masyarakat pedalaman dan masyarakat asli suatu daerah, tentu saja dalam pengertian ini, pemanfaatan teknologi semacam ini dikatakan kurang efektif dan efisien dalam melakukan eksplorasi dan pencarian SDA untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Beberapa dari kita menyadari bahwa ketika teknologi yang dikatakan konvensional ini dijadikan mata rantai kehidupan, akan menghambat proses percepatan pembangunan suatu daerah atau Negara—hal ini konsekuen dengan cara-cara masyarakat yang lebih mengutamakan kerja keras fisik dibanding dengan kerja mesin. Yang menarik dari pelaksanaan teknologi ini adalah minimnya efek atau dampak lingkungan yang ditimbulkan, karena dilakukan atas dasar pengertian yang turun temurun dari nenek moyang—sedang teknologi itu sendiri menuntut adanya pemahaman yang kompleks terhadap penggunaan dan perawatan dari teknologi itu sendiri.

Teknologi abad 21

Dulu manusia telah mengenal yang namanya teknologi. Namun tentunya teknologi di abad 21 ini lebih canggih dan berkembang pesat. Kini kita dapat menikmati teknologi informasi dimana saja yang kita mau. Saat ini teknologi dan informasi berkembang dalam setiap aspek kehidupan dan tidak memandang Negara Maju atau Negara Berkembang. Semuanya bersaing untuk menciptakan hal-hal baru yang akan merubah segalanya menjadi mudah dan cepat Mungkin dulu kita masih menggunakan telefon koin atau wartel sebagai alat komunikasi namun seiring berjalannya waktu kebiasaan itu berubah. Di abad 21 ini, sudah ditemukan handphone, smartphone, tablet, laptop, dll. Alat-alat komunikasi tersebut membuat semuanya menjadi sangat mudah dan cepat. Berbagai macam dan ragam hadir untuk gaya hidup modern. Disamping itu, banyak dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi dan informasi di abad 21. Dampak positifnya kita dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi dan dapat menjelajah dunia dengan hanya menggunakan internet tetapi dampak negatifnya banyak sekali penyalagunaan dalam kecanggihan internet seperti pornografi, hacker, penipuan dan membuat kita kurang bersosialisi secara langsung dengan sesame. Maka dari itu manfaatkan dengan baik perkembangan teknologi dan informasi di abad 21 ini.

Melihat sisi positif dan negativ kehidupan konvensional  :

Dampak positif teknologi konvensional

  • Masyarakat masih memegang teguh norma, budaya, agama, dan kekeluargaan.
  • Belum tercampur asimilasi budaya/modernisme
  • Dengan sulitnya mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi menuntut masyarakat konvensional giat dan menghargai ilmi/proses mencari ilmu karena mendapatkan ilmu bukan hal yang mudah.
  • Minimnya keusakan lingkungan (radiasi) dari kemajuan teknologi
  • Minimnya tindakan asusila

Dampak negativ teknologi konvensional

  • Terbatasnya akses pengetahuan dan informasi
  • Terbatasnya SDM yang profesional sehingga sulitnya mata pencarian
  • Sulitnya komunikasi
  • Sulitnya transportasi
  • Timbulnya mobilitas sosial di kalangan masyarakat cenderung statis
  • Masih mempercayai pemikiran nenek moyang

Pendidikan itu harusnya ada saat zaman konvensional, bukan hanya di pelajari saat teknologi mulai masuk, landsan penggunaan teknologi menitik beratkan pemahaman pada penggunanya agar mengutamakan kepentingan masyarakat dan kelestarian lingkungan, jangan sampai adanya distorsi antar manusia dan lingkungan .

Perbedaan antara Teknologi Informasi Konvensional dan Teknologi Informasi Modern

Ada beberapa perbedaan antara teknologi informasi konvensional dan teknologi informasi modern, antara lain :

  1. Teknologi informasi modern membutuhkan wakru yang relative singkat, mudah, lebih terbuka dan fleksibel karena bersumber dari sesuatu yang berbasis elektronika seperti internet yang mudah di akses oleh siapapun dan dimanapun. Sedangkan Teknologi informasi konvensional membutuhkan waktu yang relatif lama karena bersumber pada sesuatu yang bersifat nyata, contohnya bersumber dari buku.
  2. Teknologi Informasi modern relatif lebih murah dibandingkan teknologi informasi konvensional. Karena dengan teknologi informasi modern kita dan dapat mengakses apa saja, kapan saja, oleh siapa saja, dan dimana saja tanpa batasan jarak/lokasi. Sedangkan teknologi tnformasi konvensional dalam mendapatkannya masih mengalami keterbatasan.
  3. Teknologi Informasi modern merupakan perpaduan antara metode tatap muka dengan metode online (via internet dan berbagai pengembangan teknologi informasi lainnya. sedangkan teknologi informasi konvensional cenderung menggunakan metode tatap muka .
  4. Teknologi informasi modern  memiliki sifat berkembang sesuai zaman dan perkembangan teknologi. Dengan demikian informasinya sangat bervariasi dan tidak hanya terpaku pada sumber yang sama. Contoh sumber yang berinovasi seperti adanya CD Tutorial, E-Book ataupun buku-buku online lainnya yang dapat di akses kapanpun. Sedangkan Teknologi informasi konvensional informasinya masih bersifat sama atau mengulang-ulang dalam mengembangkan informasi itu sendiri dan seni mengajarnya,  dan biasanya merupakan buku dan catatan yang sama sepanjang tahun.

Tinggalkan komentar